WordPress Self Hosting : Apa dan Bagaimana?

Tentang Blog Ini(2) : Peta aRman19`s Blog
May 14, 2009
Kamus Istilah Untuk Blog : Apa dan Bagaimana ?
May 15, 2009

WordPress Self Hosting : Apa dan Bagaimana?

halo-wordpressBagi anda yang sudah merasa puas menggunakan blog di WordPress.Com, dan telah merasa ahli dalam mengobrak-abrik seluruh yang ada di dalam wordpress, maka anda akan menemukan sesuatu yang rasanya kurang di WordPress.Com

Apakah itu?

Saya yakin sudah pada tau semua, di WordPress.Com kita tidak bisa upload themes sesuai yang kita inginkan, kita hanya diberi beberapa pilihan tampilan untuk blog kita. Nah dengan WordPress Self Hosting yang akan kita buat ini, nantinya kita bisa upload themes sesuai selera kita. Selain itu, di WordPress.Com kita tidak bisa menambahkan fungsi-fungsi dengan plugin baru, nah dengan Wordpress Self Hosting kita bisa upload plugin-plugin yang kita butuhkan. Kemudian pas di WordPress.Com ada yang bingung, kok ada script yang dipasang di widget tidak jalan!!!

Karena WordPress.Com pun tidak bisa mengolah JavaScript, nah dengan WordPress Self Hosting kita bisa menambah script semau kita. Dan juga dengan WordPress Self Hosting kita bisa edit CSS di blog kita, dll dech fungsinya. Rasakan sendiri!!! hehehe,,,

Jadi, Apa itu WordPress Self Hosting ?

wordpress-icon

Kita coba terjemahkan perkata :

WordPress : aplikasi CMS, salah satu contoh CMS

Self : sendiri

Hosting : tempat upload, tempat penyimpanan, dll (saya g terlalu pinter bahasa inggris!!! hehehehe)

Walaupun dalam bahasa inggris, istilah tidak dapat diterjemahkan satu per satu, namun dari terjemahan perkata di atas kita sudah dapat menebak.

Jadi WordPress Selft Hosting menurut saya adalah “Aplikasi CMS (WordPress) yang diinstall dan digunakan di tempat hosting kita sendiri“. Kita tidak lagi menumpang di websitenya WordPress (www.Wordpress.com).

Untuk memudahkan proses installasi di Self Hosting kita, makanya di beberapa FreeHosting seperti 000webhost menyediakan fasilitas Fantastico Installer. Dengan program tersebut, kita tidak usah repot-repot upload wordpress ke hosting kita. Kita tinggal menggerakkan mouse dan dengan beberapa klik, maka wordpress sudah terinstall di self hosting kita. Untuk proses pendaftaran di 000webhost dapat dilihat disini.

Sehingga jika aplikasi tersebut diinstall di tempat sendiri, kita bebas melakukan apapun di dalam aplikasi tersebut. Sama halnya kalau kita di rumah kita sendiri, maka tidak ada batasan kita mau melakukan kegiatan apapun. Beda halnya jika menumpang di rumah tetangga, ada aturan-aturan yang harus kita hormati!!!

Seperti itulah gambaran mengenai WordPress Self Hosting.

Jika ada yang masih bingung, harap maklum saya juga masih pemula, silahkan hubungi administrator ataupun beri komentar. Saya akan berusaha menjawab sebisa mungkin dan secepatnya. Hehehehe,,,

Semoga bermanfaat. Thanks.

(Gambar diambil dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *