Sharing SNI bersama BSN dalam Pesta Wirausaha TDA Malang – Kediri

Catatan Milad 27
December 7, 2016

Sharing SNI bersama BSN dalam Pesta Wirausaha TDA Malang – Kediri

Pada hari Sabtu (10 Desember 2016) yang lalu, bertempat di Gedung GNI Kediri yang awalnya direncanakan di UNISMA Malang. Gedung Nasional Indonesia atau GNI Kota Kediri bergaung semangat saat BSN tampil sebagai pengisi acara Pesta Wirausaha TDA Kediri pada hari Sabtu, 10 Desember 2016 lalu.  Acara yang dihadiri lebih dari 270 orang peserta UMKM Kota Kediri tersebut, begitu ramai dengan antusiasme peserta yang ingin tahu mengenai SNI dan cara menerapkannya.

Hadir bersama BSN salah seorang inovator hebat, entrepreneur sejati dan penerap SNI yang konsisten, Bapak Nova Suparmanto, Direktur Utama PT Putra Multi Cipta Teknikindo dan pemilik sanggar serta toko batik Astoetik, sebagai salah satu dari sekian banyak UMKM yang sedang dalam pembinaan untuk menerapkan SNI.  Astoetik adalah penerap SNI IEC 60335-2-6 untuk persyaratan khusus kompor masak listrik terkait keselamatan. Tidak semua peserta pernah melihat tanda SNI, sehingga beberapa peserta menanyakan bagaimana mengetahui bahwa tanda SNI pada suatu produk itu asli. Hal ini dapat diketahui dengan melihat nomor lembaga setifikasi produk yang terdapat di bawah Tanda SNI melalui sisni.bsn.go.id, pada menu LS produk. Setelah mengetahui nama LSPro yang mengeluarkan SPPT SNI, kemudian dapat dicek di website LSPro dengan memasukkan merek produk yang bersangkutan.

Bagi peserta yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai SNI dan cara penerapannya disediakan juga stand klinik standardisasi. Beberapa peserta kemudian mendaftarkan produknya untuk diberikan pembinaan oleh BSN dalam rangka menerapkan SNI. Pembinaan UMKM dilakukan dengan melakukan seleksi dan kemudian melakukan gap analisys hingga akhirnya dikawal sampai UMKM tersebut mampu mendapatkan sertifikat produk sesuai persyaratan SNI. Seleksi awal yang dilakukan diantaranya adalah dengan memiliki legalitas usaha seperti ijin usaha industri dan tanda daftar merek. Informasi mengenai Pembinaan UMKM dalam penerapan SNI dapat juga diketahui lebih lanjut melalu nomor WA Info SNI  081234-101-101.

 

Sumber :

http://bsn.go.id/main/berita/berita_det/8047/ASTOETIK–UKM-Penerap-SNI-di-Pesta-Wirausaha-Kediri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *