Semangat Teknopreneurship di 1st National Conference Forum Wirausaha Mandiri 2014

Melihat produk inovasi di Ritech Expo 2014
September 25, 2014
Membuat Perbedaan di MaD Hongkong 2014 (Part II)
September 29, 2014

Semangat Teknopreneurship di 1st National Conference Forum Wirausaha Mandiri 2014

Forum Wirausaha Mandiri merupakan organisasi non profit yang menaungi alumni (nasional dan wilayah) program kewirausahaan Bank Mandiri yang meliputi Wirausaha Muda Mandiri, Mandiri Young Technopreneur, dan Wirausaha Social Mandiri dari tahun 2007 – sekarang.

Wirausaha Mandiri Forum 2014 (Nova Suparmanto)

Organisasi ini didirikan di Jakarta pada Januari 2014 ini dibentuk dari latar belakang kesamaan tujuan dengan maksud untuk kolaborasi, sharing dan berkembang bersama sebagai pengusaha muda indonesia. Visinya adalah menjadi jaringan global wirausaha mandiri yang memberikan manfaat bagi anggotanya dan masyarakat luas.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah 1st National Conference Forum Wirausaha Mandiri diadakan 3 hari yaitu tanggal 19-21 September 2014. Diikuti oleh 200 wirausaha muda dari seluruh Indonesia dengan beragam bidang usaha.

Field trip ke PT Sido Muncul

Field trip ke PT Sido Muncul (Mandiri Forum 2014)

Hari pertama adalah acara fieldrip ke PT. Sido Muncul disini kami mendapat banyak ilmu tentang bagaimana mengelola industri dengan baik, dari sejarah PT. Sido Muncul yang awalnya adalah perusahaan jamu tradisional menjadi perusahaan jamu herbal berstandard farmasi maksud dari jamu herbal berstandar farmasi ini adalah PT. Sido Muncul tetap menggunakan bahan alami di semua produknya akan tetapi mereka menggunakan standarisasi Farmasi sebagai pengelolaannya.

PT. Sido Muncul terus berkembang dari tahun ke tahun selain memproduksi jamu herbal berstandard Farmasi PT.SidoMuncul juga membuat pupuk organic yang dihasilkan dari limbah produk, bahkan pupuk tersebut sudah di ekspor ke Negara Eropa dan Asia. Kedisiplinan dan kerja keras dalam pembuatan produk membuat PT. Sido Muncul mendapat banyak penghargaan dan diakui di nasional maupun internasional.

Forum Wirausaha Muda (Nova Suparmanto) - Sheraton

Forum Wirausaha Muda 2014

Hari kedua adalah acara inti berupa seminar yang disampaikan Elang Gumilang (Owner Perusahaan Elang Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dan investasi properti di Indonesia. Elang Group merupakan Perusahaan property yang saat ini sedang berkembang pesat.

Doa`ku pun kembali dikabulkan untuk bertemu dengan orang-orang baik dalam forum ini, seperti Mas Elang (Owner Elang Group), Mas Hendi (Owner Baba Rafi), Mas Saptuari (Owner KD) dan Mas Firman (Tela) serta kawan-kawan hebat dari seluruh Indonesia. Ada banyak sekali pelajaran yang saya ambil dari mereka, salah satu yang menyentuh adalah yang disampaikan oleh Mas Elang. Dengan nilai proyek yang sudah mencapai 10T, namun tetap rendah hati (tawadhu’) dan selalu berkata “Saya dari kampung”. Beliau adalah figur seseorang dengan kepemimpinan level 5 (professional + rendah hati).

  • Carilah muka di depan tuhan, jangan di depan manusia. Karena semakin tidak berharap kepada manusia dan berharap kepada tuhan, maka hidup akan menjadi lebih tenang.
  • Bangun asset, jangan gaya hidup.
  • Berwirausaha karena niat yang mulia dan visi untuk melayani, bukan semata-mata soal materi. Kelimpahan harta, dll adalah sebuah bonus.
  • Bisnis akan hancur ketika terbesit niat tidak baik dan sombong. (Elang Gumilang)

Selain itu juga penyampaian materi tentang: Financial and Tax Planning. owner portalpajak.com. MEI: arus barang, arus jasa dan arus modal dan investasi asyik selagi muda.

Mandiri Wirausaha Forum 2014

Nova Astoetik (Mandiri Wirausaha Forum 2014)

Terimakasih banyak panitia, pembicara dan kawan-kawan yang super untuk kebersamaan, ilmu dan semangat tolong menolongnya. Semoga kita bisa menjadi pengusaha yang penuh kemuliaan dan selalu mendapat ridho-Nya. Amin. Salam pengusaha sukses penuh kemuliaan! 🙂

2 Comments

  1. Cipto Sabdo Prabowo says:

    wahhh sukses nov,,,, jadi pengen gabung aku… hehe… semakin ke sini semakin tambah haus ilmu,,,, memang benar klo kata “belajar seumur hidup” itu nyata adanya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *