Belajar Batik ke Pamekasan Madura (Lanjutan)

Belajar Batik ke Pamekasan Madura
December 15, 2015
Pencapaian dan Target 2016
January 1, 2016

Belajar Batik ke Pamekasan Madura (Lanjutan)

Pada malam harinya di hari kedua, rombongan bersama komunitas KIBAS Jawa Timur serta rombongan Bupati Pamekasan mengunjungi sebuah kampung dengan rumah adat asli Madura di daerah Tanean Lajeng. Acaranya adalah Meratus Batik Bangsawan, Tarian Gettak & Batik, Mocopat, demo pembuatan topeng Madura, demo batik dari Sentra Pademawu dengan sajian jajanan rakyat dan aneka variasi makanan khas asli Madura.

Hari ketiga yang merupakan hari terakhir adalah acara kunjungan ke pasar batik “17 Agustus” yang merupakan pasar batik tulis terbesar di Indonesia bahkan Asean. Di acara tersebut juga ditampilkan fashion show busana dan modifikasi pakaian oleh desain batik Pamekasan sebagai life style oleh Putra-Putri Madura.

Selesai kunjungan dan belanja oleh-oleh kain batik di Pasar 17 Agustus tersebut, lanjut ke hotel untuk checkout dan makan siang dengan Soto Madura sebelum akhirnya pulang ke Jogja melalui Surabaya. Perjalanan edukasi dan roadshow 3 hari yang sangat luar biasa bermanfaat dan menambah pemahaman kami tentang batik nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga tahun 2016, Astoetik dapat melakukan kunjungan lebih banyak lagi ke daerah-daerah lain yang juga memiliki potensi batik. Salam batik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *